Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 22 Mei 2013

5 Bangunan dengan Desain Paling Menakjubkan



Soal gedung pencakar langit (skyscraper) China dan Dubai masih menduduki peringkat teratas. Namun, bukan berarti negara-negara lain kalah saing dan hanya diam saja. Singapura dan Inggris adalah contoh dua negara yang semakin giat membangun gedung-gedung tinggi dengan desain luar biasa.

Berikut lima dari 5 desain bangunan paling menakjubkan di dunia. Bangunan-bangunan ini ada yang sudah dibangun dan ada pula yang masih dalam perencanaan, seperti dilansir Construction Digital, Kamis (1/11/2012). 

1. Vertical Village, Dubai
Bangunan multifunngsi ini rencananya dibangun di Dubai. Vertical Village didesain memanfaatkan energi matahari dari padang pasir. Caranya dengan penyimpan sinar matahari yang melacak gerakan matahari di langit, bayangan, dan sistem air panas menggunakan sinar matahari. Arsitek Vertical Village berharap bangunan ini bisa mendapatkan LEED Gold.




2. Hotel Songjiang, China
Hotel ini rencananya dibangun di luar Shanghai, China. Hotel berupa resor mewah ini memiliki 400 kamar yang dibangun di bawah tanah hingga kedalaman 100 meter. Hotel ini diharapkan memberikan pemandangan indah seperti surga dengan landscape hijau dan air terjun. Energi panas bumi dan atap hijau akan memberikan template untuk masa depan yang ekstrim.



 
3. Dynamic Architecture's Rotating Tower, Dubai
Bangunan yang sering disebut Dynamic Tower ini akan dibangun di London. Uniknya, bangunan ini bisa berputar secara independen di setiap lantainya. Perputaran ini mengubah bentuk bangunan menjadi lebih indah.

Dynamic Arshitecture, arsitek bangunan unik ini awalnya akan menggarap proyek pertama di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun karena kendala keuangan dan masalah lain, tim arsitek memutuskan untuk fokus membangun bangunan serupa di London.

 




4. My Dream, Our Vision, Singapura
My Dream, Our Vision merupakan finalis untuk World Expo 2010. Bangunan yang akan dibangun di Singapura dan dirancang oleh Desain Act ini tampak seperti kumpulan awan raksasa yang mengapung di atas rumput hijau. Dengan lebih dari 3800 modul individu, struktur memiliki delapan ruang yang memberikan 'pengalaman' bagi pengunjung, memanfaatkan pencahayaan, suara, dan instalasi seni.


5. China Central Television Headquarters (Pusat CCTV)
Secara bentuk, bangunan ini tidak seperti gedung tradisional. Bentuknya terlihat seperti enam bidang yang disusun secara horizontal dan vertikal. Bangunan ini memiliki luas ruangan hingga 389.079 meter persegi dengan 44 lantai. Pembangunan China Central Television Headquarters selesai pada 16 Mei 2012. (NJB)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar