Komitmen terhadap mutu adalah satu prinsip yang paling diutamakan dalam 
hal ini. Setiap jenis dan tahapan pekerjaan harus dilaksanakan sesuai 
dengan prosedur dan metode kerja yang benar, melibatkan pihak-pihak yang
 terpilih dan profesional, untuk mencapai target mutu, waktu, biaya dan 
safety. Untuk itu perusahaan menerapkan sistem manajemen mutu yang baku 
dan teruji, dengan kontrol audit ISO secara berkala oleh auditor 
independen. Dengan demikian mutu pekerjaan dapat terus dipertahankan, 
bahkan dikembangkan, karena telah berjalan dalam sebuah sistem. Untuk 
lebih meningkatkan mutu dari waktu ke waktu, maka sangat penting untuk 
dilakukan inovasi-inovasi pekerjaan, untuk efektivitas dan efisiensi 
kerja, dan untuk mendapatkan mutu yang lebih meningkat.
Komitmen terhadap pelanggan (customer) juga merupakan hal prinsip dalam 
menjalankan roda proyek dan secara jangka panjang untuk membina relasi, 
yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dari owner. Untuk 
membina rekasi dan komitmen terhadap pelanggan, maka dikembangkan 
sikap-sikap atau attitude yang postif di segala lini perusahaan maupun 
tim proyek. Sikap-sikap positif yang dikembangkan anara lain, 
kooperatif, cepat tanggap, fleksibel, dapat dipercaya, transparan dan 
bersahabat. Pengembangan sikap-sikap yang merupakan implementasi dari 
penanaman budaya perusahaan, mendapat perhatian yang serius, dengan 
diadakannya pelatihan secara berkala mengenai hal ini.
Penekanan komitmen terhadap dua hal, yaitu terhadap mutu dan pelanggan, 
yang dilakukan secara sistem, akan membentuk performa perusahaan dan 
produk-produknya (proyek) yang konsisten, sehingga membentuk image 
perusahaan yang positif dari pelanggan. Inilah yang membuat perusahaan 
mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari owner atau pelanggan, dengan 
proyek-proyeknya yang bersifat repeat order dan juga merupakan referensi
  dari pelanggan sebelumnya. Lobby-lobby untuk approach terhadap prospek
 proyek baru juga dilakukan, namun tetap tidak meninggalkan aspek 
profesional.
Kesimpulannya, mendapatkan proyek tanpa melalui pelelangan mungkin dapat
 dilakukan dengan cara mudah, tapi memelihara kepercayaan owner atau 
pelanggan bukan hal yang mudah. Ini merupakan hasil kerja semua lini, 
yang memerlukan proses yang panjang.
Posted by Archieqbal Ideagraha on 09.48http://archieqbal.blogspot.com/2013/04/adakah-cara-mudah-mendapatkan.html 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar