Komitmen terhadap mutu adalah satu prinsip yang paling diutamakan dalam
hal ini. Setiap jenis dan tahapan pekerjaan harus dilaksanakan sesuai
dengan prosedur dan metode kerja yang benar, melibatkan pihak-pihak yang
terpilih dan profesional, untuk mencapai target mutu, waktu, biaya dan
safety. Untuk itu perusahaan menerapkan sistem manajemen mutu yang baku
dan teruji, dengan kontrol audit ISO secara berkala oleh auditor
independen. Dengan demikian mutu pekerjaan dapat terus dipertahankan,
bahkan dikembangkan, karena telah berjalan dalam sebuah sistem. Untuk
lebih meningkatkan mutu dari waktu ke waktu, maka sangat penting untuk
dilakukan inovasi-inovasi pekerjaan, untuk efektivitas dan efisiensi
kerja, dan untuk mendapatkan mutu yang lebih meningkat.
Komitmen terhadap pelanggan (customer) juga merupakan hal prinsip dalam
menjalankan roda proyek dan secara jangka panjang untuk membina relasi,
yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dari owner. Untuk
membina rekasi dan komitmen terhadap pelanggan, maka dikembangkan
sikap-sikap atau attitude yang postif di segala lini perusahaan maupun
tim proyek. Sikap-sikap positif yang dikembangkan anara lain,
kooperatif, cepat tanggap, fleksibel, dapat dipercaya, transparan dan
bersahabat. Pengembangan sikap-sikap yang merupakan implementasi dari
penanaman budaya perusahaan, mendapat perhatian yang serius, dengan
diadakannya pelatihan secara berkala mengenai hal ini.
Penekanan komitmen terhadap dua hal, yaitu terhadap mutu dan pelanggan,
yang dilakukan secara sistem, akan membentuk performa perusahaan dan
produk-produknya (proyek) yang konsisten, sehingga membentuk image
perusahaan yang positif dari pelanggan. Inilah yang membuat perusahaan
mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari owner atau pelanggan, dengan
proyek-proyeknya yang bersifat repeat order dan juga merupakan referensi
dari pelanggan sebelumnya. Lobby-lobby untuk approach terhadap prospek
proyek baru juga dilakukan, namun tetap tidak meninggalkan aspek
profesional.
Kesimpulannya, mendapatkan proyek tanpa melalui pelelangan mungkin dapat
dilakukan dengan cara mudah, tapi memelihara kepercayaan owner atau
pelanggan bukan hal yang mudah. Ini merupakan hasil kerja semua lini,
yang memerlukan proses yang panjang.
Posted by Archieqbal Ideagraha on 09.48http://archieqbal.blogspot.com/2013/04/adakah-cara-mudah-mendapatkan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar