Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 23 Mei 2013

Ini Dia, Gedung Green Pencakar Langit

plantagon, greenhouse pencakat langit

Dunia sekarang ini banyak dihiasi dengan gedung pencakar langit, atau skyscraper. Mulai dari bangunan dengan puluhan lantai, hingga sampai gedung yang memiliki ketinggi ratusan meter.
Banyak Negara yang berlomba-lomba menciptakan bangunan tersebut untuk memperindah kota dan menarik banyak wisatawan ataupun investor. Sebut saja Negara-negara seperti Amerika Serikat, beberapa Negara di Eropa, dan Negara penghasil minyak di kawasan Timur Tengah.


Namun, saat negara-negara tersebut mengembangkan konsep bangunan mixed-used dan moderen, Swedia malah membangun plantscrapper atau sebuah bangunan greenhouse tertinggi yang berfungsi sebagai perkebunan moderen.

Dalam beberapa tahun belakangan, pembangunan plantscraper dengan nama “Plantagon” di Swedia ini memang sudah direncanakan oleh perusahaan Swedia-Amerika. Perusahaan ini ingin membuat sebuah bangunan yang merupakan cerminan dari kepedulian mereka terhadap lingkungan, terutama dengan konsep go green dan memperhatikan efek dari gobal warning, dan arsitektur modern.
Seperti yang Oktomagazine kutip dari inhabitat.com, bangunan perkebunan pencakar langit yang berisikan berbagai macam tanaman di dalamnya ini akan menghiasi langit urban di jantung kota Swedia. Perkebunan ini secara dapat merubah cara untuk memproduksi makanan yang organik dan fungsional, juga dapat menghasilkan air dan udara yang bersih di lingkungan kota tanpa harus mengurangi jumlah kendaraan.

Untuk menunjukkan keseriusannya, Plantagon telah melakukan groundbreaking pada minggu lalu di kota Linkoping, Swedia. Bangunan ini direncanakan akan rampung dalam waktu 3 tahun ke depan.
Bangunan berkonsep hijau ini rencananya tidak hanya akan menjadi ikon baru Swedia, tetapi juga diprediksi akan menjadi lumbung makanan yang penting berupa sayuran hijau yang mampu membantu kehidupan di seluruh kota.

Tidak hanya Plantagon, Swedia juga berencana untuk membangun satu lagi greenhouse lainnya berupa bangunan berstruktur geodesik, atau kubah, pertama di dunia dengan nama International Center of Excellence for Urban Agriculture.

Tidak hanya akan menjadi kubah greenhouse pertama di dunia, bangunan tersebut juga akan berfungsi sebagai laboratorium penelitian tanaman, yang pastinya akan membuat Swedia dikenal sebagai Negara yang peduli terhadap lingkungan dan kehidupan di bumi.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia, kapan kita mampu membuat bangunan yang tidak berbahaya dan mampu membuat bumi menjadi lebih sehat?

(inhabitat.com/ andy@oktomagazine.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar